Sekilas tentang desa Kalikarung

Desa Kalikarung merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Desa Kalikarung tidak berbatasan dengan laut, namun berlokasi di tepi atau sekitar kawasan hutan.

Lokasi Desa Kalikarung

Sumber : Google Maps

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Indeks Desa Membangun, status kemajuan dan kemandirian desa diklasifikasikan menjadi lima, yakni:

  1. Desa Mandiri atau yang disebut Desa Sembada adalah Desa Maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan Desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan yang memiliki Indeks Desa Membangun lebih besar (>) dari 0,8155.
  2. Desa Maju atau yang disebut Desa Pra-Sembada adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (≤) 0,8155 dan lebih besar (>) dari 0,7072.
  3. Desa Berkembang atau yang disebut Desa Madya adalah Desa potensial menjadi Desa Maju, yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum mengelolanya secara optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (≤) 0,7072 dan lebih besar (>) dari 0,5989.
  4. Desa Tertinggal atau yang disebut Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum, atau kurang mengelolanya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (≤) 0,5989 dan lebih besar (>) dari 0,4907.
  5. Desa Sangat Tertinggal atau yang disebut Desa Pratama adalah Desa yang mengalami kerentanan karena masalah bencana alam, goncangan ekonomi, dan konflik sosial sehingga tidak berkemampuan mengelola potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi, serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan lebih kecil (≤) dari 0,4907.

Pada tahun 2018, Desa Kalikarung memiliki Indeks Desa Membangun (IDM) sebesar 0,649 sehingga mengklasifikasikan Desa Kalikarung sebagai “Desa Berkembang”.  Hal ini merupakan sebuah peningkatan dibandingkan status Desa Kalikarung pada tahun 2014, yakni sebagai “Desa Tertinggal” dengan IDM 0,576.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Desa (IPD) Desa Kalikarung juga mengalami peningkatan dari 58,783653 pada tahun 2014 menjadi 63,94498204 pada tahun 2018. Berdasarkan IPD 2014, Desa Kalikarung sudah dikategorisasikan sebagai “Desa Berkembang”. Status yang sama juga diemban Desa Kalikarung berdasarkan IPD 2018.

Desa Kalikarung dipimpin oleh seorang Kepala Desa dan dibantu oleh seorang Sekretaris Desa. Desa Kalikarung juga dilengkapi dengan keberadaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang beranggotakan 11 orang.  Selain itu, Desa Kalikarung juga memiliki 61 orang aparatur pemerintahan dengan rincian sebagai berikut:

  • Jumlah aparatur pemerintahan , Sekretariat Desa/Kelurahan (bendahara, dll.) sebanyak 2 orang.
  • Jumlah aparatur pemerintahan, Pelaksana Teknis (kaur, kasi, dll.) sebanyak 3 orang
  • Jumlah aparatur pemerintahan, Pelaksana Kewilayahan (kadus, ketua RT, ketua RW, dll.) sebanyak 56 orang

Referensi:

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Indeks Desa Membangun.

Pusat Data Desa Indonesia, https://pddi.kemendesa.go.id/desa?id=3307152002, diakses pada 22 Juli 2020.