Kuda Lumping: Salah Satu Kesenian Populer Desa Kalikarung

Tidak hanya dikenal sebagai desa yang kaya akan potensi sumber daya pertanian dan perkebunannya, Desa Kalikarung yang terletak di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, juga terkenal dengan segudang budaya khas keseniannya.

Kuda Lumping menjadi salah satu contoh kesenian populer yang ada di Desa Kalikarung. Faktanya, kesenian ini menjadi budaya daerah yang tidak hanya menarik perhatian masyarakat Desa Kalikarung, namun juga masyarakat di desa lainnya. Hal ini dapat dilihat dari penampilan Kesenian Kuda Lumping pada saat kegiatan desa berlangsung, seperti saat Kegiatan Bersih Desa.

Kuda Lumping atau yang kerap kali dikenal sebagai Jaran Kepang merupakan salah satu seni pertunjukan yang menampilkan beberapa orang dengan atraksi atau pertunjukan menggunakan jaran kepang. Yang mana, jaran kepang sendiri dibuat menggunakan kepangan bambu atau kepangan kulit menyerupai tiruan bentuk kuda atau jaran.

Sebagian besar desa di Indonesia masih percaya jika Jaran Kepang adalah bagian dari ritual menolak bala, mengatasi berbagai musibah, meminta kesuburan pada lahan pertanian, mengharap keberhasilan panen, dan juga supaya masyarakat aman dan tenteram. Pada zaman primitif terdapat kepercayaan bahwa kerusakan lingkungan, wabah penyakit, bencana alam dan sebagainya terjadi karena kekuatan roh nenek moyang.

Seiring dengan perjalanan waktu, kesenian ini tidak hanya diadakan saat musibah, bencana atau berbagai masalah melanda desa, namun kesenian ini juga ditampilkan untuk memperkenalkan potensi desa atau daerah. Bahkan, kesenian ini juga diadakan dengan tujuan sebagai pengiring kegiatan utama desa dengan tujuan untuk menghibur.